Rabu, 16 November 2016

Proposal Bisnis

Tugas Kewirausahaan: Proposal Bisnis

PENDAHULUAN
Latar Belakang
Saat ini kebutuhan dan keinginan masyarakat untuk membeli barang semakin tinggi dan semakin beragam, semakin banyak barang yang ingin dibeli namun harga barang-barang semakin tinggi. Barang bekas menjadi alternatif bagi mereka yang tetap ingin memenuhi kebutuhan dan keinginan mereka akan suatu barang dengan harga yang sangat murah dibandingkan barang baru.
Di sisi lain, ada sebagian orang yang lebih beruntung telah memiliki banyak barang atau sering membeli barang baru sehingga barang bekas mereka tidak terpakai dan ingin menjualnya karena menginginkan produk yang lebih baru, namun merasa bingung untuk bagaimana menjual barang bekas mereka yang masih layak dan bagus dengan harga terbaik.
dagang.In hadir untuk mempertemukan keinginan pemilik menjual barang bekasnya dan keinginan pembeli membeli barang bekas yang layak dan berkualitas baik namun murah.

Visi dan Misi
Visi :
Menjadikan “Dagang.In” sebagai usaha penjualan barang bekas yang terkenal
Misi :
1.    Mengutamakan kepercayaan pelanggan
2.    Berorientasi kepada kepuasan konsumen
3.    Mengembangkan inovasi – inovasi baik dalam produk maupun pelayanan
4.    Mengembangkan usaha di beberapa tempat  lainnya untuk memperluas usaha

Identifikasi Usaha
Nama Usaha      : Dagang.In
Pemilik               : Dani Jaya Putra
Alamat Usaha    : Jalan Veteran Kp. Cisereh Haur RT.004/RW.003 Ds. Cukanggalih Kec. Curug Kab. Tangerang – Banten, Kode Pos: 15810
Contact Person  : 0822 1000 2804

Ruang Lingkup Usaha
Ruang lingkup usaha Dagang.In rintis ini masih mahasiswa atau kalangan bawah, tapi usaha ini sangat menjanjikan karena Dagang.In ini sebenarnya dibutuhkan oleh semua kalangan yang memiliki keterbatasan biaya.

Tujuan Usaha:
1.    Menerapkan kemampuan berwirausaha
2.    Agar usaha ini semakin dikenal
3.    Mendapatkan keuntungan

RENCANA USAHA
Rencana Produk
Produk Dagang.In adalah jasa pemasaran dan penjualan barang bekas yang didapat dari masyarakat lingkungan sekitar yang ingin menjual barang-barang yang masih layak pakai. Untuk usaha ini pemilik tidak memerlukan modal, karena hanya memerlukan smartphone atau laptop yang sudah pemilik punya dan akses ke internet untuk mempromosikan barang yang akan dijual.

Keistimewaan Usaha
Keistimewaan Dagang.In ini diantaranya :
1.      Penggunaannya mudah
2.      Harga terjangkau oleh semua kalangan
3.      Tidak memerlukan waktu yang lama
4.      Memudahkan pembeli untuk menemukan barang yang dicari

Jenis Usaha
Menjual barang-barang bekas yang didapat dari masyarakat sekitar. Barang tersebut selanjutnya akan ditawarkan pada akun instagram.

Peluang Usaha
Usaha yang Dagang.In dirikan ini memiliki peluang yang besar. Dagang.In mentarget pangsa pasar menengah kebawah. Banyak masyarakat yang dengan kondisi keuangan menengah kebawah menginginkan barang-barang bermerk dan berkualitas baik namun tidak mampu membeli barang tersebut dalam kondisi baru. Di sisi lain, ada sebagian masyarakat menengah yang mempunyai barang-barang bermerk, masih layak pakai dan berkualitas baik namun sudah tidak membutuhkannya lagi atau ingin menjualnya karena menginginkan produk yang lebih baru.
Dalam usaha ini tingkat persaingan mudah diatasi karena Dagang.In selalu berinovatif dan kreatif dalam memasarkan produk yang sesuai kebutuhan dan keinginan konsumen.

Mekanisme Penjualan
Setiap barang bekas yang akan dijual akan diposting ke media sosial dengan deskripsi produk, penawaran harga pembukaan.  Mekanisme pembayaran dan pengiriman barang diurus oleh Dagang.In.

Pembagian Keuntungan
Dagang.In menetapkan commission fee atas setiap barang bekas yang laku terjual. Fee ditetapkan sebesar 15% dari harga barang.
ANALISIS USAHA
Analisis Persaingan Usaha
Setiap kegiatan untuk memulai Dagang.In, pemilik harus mengukur kemampuan terhadap lingkungan atau pesaing yaitu melalui analisis SWOT.
1.    Strength (kekuatan)
Kekuatan dari menjual produk ini ialah :
·         Dapat dibeli oleh segala kalangan baik menengah atas maupun menengah bawah
·         Produk yang dijual telah melalui proses pengecekkan dan proses quality control
2.    Weakness (kelemahan)
·         Produk tidak terjual banyak
·         Produknya bekas
·         Produknya tidak up to date
3.    Oppurtinity (peluang)
·         Banyak disukai berbagai kalangan
·         Harga yang murah dapat menarik minat pembeli untuk membeli lagi
·         Belum banyak pesaing
4.    Threath (ancaman)
·         Ketika sudah deal harga antara penjual dan pembeli, lalu barang sudah dikirim oleh penjual namun pembeli belum mentransfer uang.
·         Ketika ditengah transaksi, Pembeli membatalkan transaksi sepihak, sehingga barang harus ditawarkan ke pembeli lainnya.

Analisis 4P
1.    Product
Produk yang ditawarkan Dagang.In merupakan beraneka ragam barang bekas berkualitas baik.
2.    Price
Harga jual yang ditawarkan sangat murah, sangat jauh dibawah harga pasaran produk baru. Namun meski berharga murah Dagang.In tetap mengutamakan kualitas barang yang ditawarkan.
3.    Promotion
Dagang.In memasarkan produk melalui jaringan internet yaitu melalui jejaring social media yaitu Instagram dan Facebook.
4.    Place
Tempat penjualan terjadi berada di internet, tempat barang berada di tempat pemilik barang.

STRATEGI PEMASARAN
Perkenalan Bisnis
Menjual barang-barang bekas yang didapat dari masyarakat sekitar. Barang tersebut selanjutnya akan ditawarkan pada akun instagram.
Membangun jaringan dengan usaha lain yang dapat mendukung bisnis
Dagang.In ingin bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan yang membantu kelancaran penjualan produk, dan demi meningkatkan kualitas produk atau mengenali usaha Dagang.In lebih luas.
Media pemasaran
Dagang.In akan mempromosikan produk melalui media social yaitu Instagram dan Facebook.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar