Latar Belakang
Saat ini kebutuhan dan keinginan masyarakat untuk
membeli barang semakin tinggi dan semakin beragam, semakin banyak barang yang
ingin dibeli namun harga barang-barang semakin tinggi. Barang bekas menjadi
alternatif bagi mereka yang tetap ingin memenuhi kebutuhan dan keinginan mereka
akan suatu barang dengan harga yang sangat murah dibandingkan barang baru.
Di sisi lain, ada sebagian orang yang lebih beruntung telah
memiliki banyak barang atau sering membeli barang baru sehingga barang bekas
mereka tidak terpakai dan ingin menjualnya karena menginginkan produk yang lebih baru, namun merasa bingung untuk bagaimana
menjual barang bekas mereka yang masih layak dan bagus dengan harga terbaik.
dagang.In hadir untuk mempertemukan keinginan pemilik
menjual barang bekasnya dan keinginan pembeli membeli barang bekas yang layak
dan berkualitas baik namun murah.
Visi dan Misi
Visi :
Menjadikan “Dagang.In” sebagai usaha penjualan barang
bekas yang terkenal
Misi :
1.
Mengutamakan kepercayaan pelanggan
2.
Berorientasi kepada kepuasan
konsumen
3.
Mengembangkan inovasi – inovasi baik
dalam produk maupun pelayanan
4.
Mengembangkan usaha di beberapa
tempat lainnya untuk memperluas usaha
Identifikasi
Usaha
Nama Usaha :
Dagang.In
Pemilik : Dani
Jaya Putra
Alamat Usaha : Jalan
Veteran Kp. Cisereh Haur RT.004/RW.003 Ds. Cukanggalih Kec. Curug Kab.
Tangerang – Banten, Kode Pos: 15810
Contact Person : 0822
1000 2804
Ruang
Lingkup Usaha
Ruang lingkup usaha Dagang.In rintis ini masih
mahasiswa atau kalangan bawah, tapi usaha ini sangat menjanjikan karena Dagang.In ini sebenarnya dibutuhkan oleh semua kalangan yang memiliki
keterbatasan biaya.
Tujuan Usaha:
1.
Menerapkan kemampuan berwirausaha
2.
Agar usaha ini semakin dikenal
3.
Mendapatkan keuntungan
RENCANA USAHA
Rencana Produk
Produk Dagang.In
adalah jasa pemasaran dan penjualan barang bekas yang didapat dari masyarakat
lingkungan sekitar yang ingin menjual barang-barang yang masih layak pakai. Untuk usaha ini pemilik tidak memerlukan modal,
karena hanya memerlukan smartphone
atau laptop yang sudah pemilik punya dan akses ke internet untuk mempromosikan
barang yang akan dijual.
Keistimewaan Usaha
Keistimewaan Dagang.In ini diantaranya :
1.
Penggunaannya mudah
2.
Harga terjangkau oleh semua kalangan
3.
Tidak memerlukan waktu yang lama
4.
Memudahkan pembeli untuk menemukan
barang yang dicari
Jenis
Usaha
Menjual barang-barang bekas yang didapat dari
masyarakat sekitar. Barang tersebut selanjutnya akan ditawarkan pada akun
instagram.
Peluang
Usaha
Usaha yang Dagang.In dirikan ini memiliki peluang yang
besar. Dagang.In mentarget pangsa pasar menengah kebawah. Banyak masyarakat
yang dengan kondisi keuangan menengah kebawah menginginkan barang-barang
bermerk dan berkualitas baik namun tidak mampu membeli barang tersebut dalam
kondisi baru. Di sisi lain, ada sebagian masyarakat menengah yang mempunyai
barang-barang bermerk, masih layak pakai dan berkualitas baik namun sudah tidak
membutuhkannya lagi atau ingin menjualnya karena menginginkan produk yang lebih
baru.
Dalam usaha ini tingkat persaingan mudah diatasi
karena Dagang.In selalu berinovatif dan kreatif dalam memasarkan produk yang sesuai
kebutuhan dan keinginan konsumen.
Mekanisme Penjualan
Setiap barang bekas yang akan dijual akan diposting ke media sosial dengan
deskripsi produk, penawaran harga pembukaan. Mekanisme pembayaran dan pengiriman barang diurus oleh Dagang.In.
Pembagian Keuntungan
Dagang.In menetapkan commission fee
atas setiap barang bekas yang laku terjual. Fee ditetapkan sebesar 15% dari
harga barang.
ANALISIS USAHA
Analisis
Persaingan Usaha
Setiap kegiatan untuk memulai Dagang.In, pemilik harus
mengukur kemampuan terhadap lingkungan atau pesaing yaitu melalui analisis
SWOT.
1. Strength (kekuatan)
Kekuatan dari menjual produk ini ialah :
·
Dapat dibeli oleh segala kalangan
baik menengah atas maupun menengah bawah
·
Produk yang dijual telah melalui
proses pengecekkan dan proses quality
control
2. Weakness (kelemahan)
·
Produk tidak terjual banyak
·
Produknya bekas
·
Produknya tidak up to date
3. Oppurtinity (peluang)
·
Banyak disukai berbagai kalangan
·
Harga yang murah dapat menarik minat
pembeli untuk membeli lagi
·
Belum banyak pesaing
4. Threath (ancaman)
·
Ketika sudah deal harga antara
penjual dan pembeli, lalu barang sudah dikirim oleh penjual namun pembeli belum
mentransfer uang.
·
Ketika ditengah transaksi, Pembeli
membatalkan transaksi sepihak, sehingga barang harus ditawarkan ke pembeli lainnya.
Analisis
4P
1. Product
Produk yang ditawarkan Dagang.In merupakan beraneka ragam
barang bekas berkualitas baik.
2. Price
Harga jual yang ditawarkan sangat murah, sangat
jauh dibawah harga pasaran produk baru. Namun meski berharga murah Dagang.In
tetap mengutamakan kualitas barang yang ditawarkan.
3.
Promotion
Dagang.In memasarkan produk melalui jaringan internet
yaitu melalui jejaring social media yaitu
Instagram dan Facebook.
4.
Place
Tempat penjualan terjadi berada di internet, tempat
barang berada di tempat pemilik barang.
STRATEGI PEMASARAN
Perkenalan
Bisnis
Menjual barang-barang
bekas yang didapat dari masyarakat sekitar. Barang tersebut selanjutnya akan
ditawarkan pada akun instagram.
Membangun
jaringan dengan usaha lain yang dapat mendukung bisnis
Dagang.In ingin bekerja sama dengan
perusahaan-perusahaan yang membantu kelancaran penjualan produk, dan demi meningkatkan
kualitas produk atau mengenali usaha Dagang.In lebih luas.
Media
pemasaran
Dagang.In akan mempromosikan produk melalui media social yaitu Instagram dan Facebook.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar